Belajar Public Speaking di Klub Oase Agora Youth Speakers Club

Public speaking bukan bakat, tapi proses berlatih secara konsisten.

Menyiapkan diri sebagai prepared speaker memang butuh usaha lebih, paling tidak bagi Aliyah.

Dia ingin menyampaikan materi yang dekat dengan kondisi keseharian, otentik dan jujur apa adanya.

Seperti speech yang dilakukannya kemarin, judulnya “Bad Money Choices I Made”. Dia berhasil meceritakan habitnya menghabiskan uang tabungan yang akhirnya beneran hanya sisa sedikit doang, kemudian hal itu membuatnya mulai berpikir cara menghasilkan uang agar tabungannya ada lagi…

Speechnya lumayan menghibur..7 menit terasa sebentar, ceritanya mengalir meski ada banyak blank time juga hihihi..tak apa nak, belajar lagi yah…untungnya Aliyah ga lupa menyisipkan pesan sponsor di ujung speech  :)

mind map prepared speechnya Aliyah - 10 tahun klub oase agora public speaking

 

Tema meeting yang ditentukan team leader untuk minggu ini adalah tentang “working while being under age” dan word of the day nya adalah “money”

Sehari sebelum speech, Aliyah menyiapkan outline seperti difoto ini, dia juga mikirin bawa alat peraga apa saja supaya speechnya jadi lebih seru.

Berdua kak Diva, mereka diskusi sambil kakaknya mengingatkan kembali tentang kata-kata transisi agar speechnya mengalir, postur saat bicara dan eye contact sama audience.

Hasil speechnya baru saja saya aplod ke youtube https://www.youtube.com/watch?v=aE9ba4XGgUE

Sayang kalo ga disimpan dan terlewat begitu saja :-), Kami bisa menjadikan video ini sebagai bahan diskusi untuk menyiapkan materi prepared speaker selanjutnya.

#homeschooling
#aliyah10yo
#KlubOase
#OaseAgoraYouthSpeakers