Belajarnya Anak Homeschooling Itu Seperti Apa?

Kesempatan eksplorasi di dunia informal sangat luas dan kaya. Tadi malam, Adiva kembali mengikuti kelas di acara yang diadakan oleh @qotavorlesung. Ini kedua kali dia pergi belajar dan berkumpul dengan orang-orang dewasa yang tertarik mendesain kebahagiaan dalam hidup. Sesi yang menurutku lebih banyak ke arah pengenalan diri. Luar biasa, diusia 17 tahun, Diva mendapat kesempatan belajar dari komunitas2 yang baik, yang semoga dari waktu dan atensi yang dia berikan tadi malam akan memberikan dampak besar bagi Diva.

Foto ini diambil ketika beberapa hari lalu dia berangkat ke gedung merah putih KPK untuk mengikuti kegiatan Institution Visit yang diadakan oleh Beneran Indonesia
Belajar anak homeschooling

Wah banyak sekali komunitas-komunitas pembelajaran yang membukakan mata pembelajar, bahwa dunia ini sangat luas, dan belajar itu bisa dilakukan dimana saja . Ga mesti belajar dengan mengandalkan sekolah, kampus maupun lembaga formal. Menjadi seorang pembelajar seumur hidup, a long life learner karena metode belajar sekarang telah banyak berubah. Aku meyakini kalau kesuksesan tergantung diri sendiri. Memiliki sikap mau belajar, berdaya juang, memiliki impian, mau mencoba lagi, konsistensi dan kejujuran akan mengantarkan diri ke titik pencapaian yang diharapkan. Melalui pendampingan pendidikan anak-anak dirumah, aku akan menjadi saksi keyakinanku itu.

Akhir pekan ini, entah mau belajar dimana lagi nih sulung kebanggaanku ini

Semangat nak! Teruskan saja eksplorasi sejauh yang kau inginkan.

#homeschooling_journey
#adiva17yo