Berkaca Diri

“Kelihatannya jiwaku lebih suka merdeka. Aku lebih berat ke jalur pengusaha. Dari hasil pengamatan ke orang-2 disekelilingku dan membandingkannya, aku rasa itu yang terbaik.”

.

Aku tersenyum mendengarkan celotehan adikku tadi malam.

.

Ada rasa senang atas pilihannya menjadi pengusaha. Namun aku tak mau kehilangan kesempatan untuk memaparkan fakta di balik kata-kata ‘merdeka’.  :D

Apalagi usia adikku masuk dalam kelompok generasi milenial. Jiwanya bebas merdeka dan kental daya cipta.

.

Nasihatku memberi gambaran atas makna kemerdekaan menuntut tanggung jawab dan tujuan akhir yang jelas. Jika ujungnya tidak ditentukan dari sekarang. Niscaya, 10 tahun dalam kemerdekaan pun tidak akan berujung kondisi yang sesuai harapan.

 

Merdeka dan BertanggungJawab.

Aku meminta dia untuk mulai bertanya ke diri sendiri, “emang gue maunya ending kayak gimana sih? Seperti apa kehidupan gue di umur 35 nanti?”

Katanya dia ingin kemapanan di 35.

Mapan di umur 35?

Aku terkagum dengan keberaniannya membuat target.
.

Buru-buru kukejar dengan pertanyaan, “apakah ada yang sudah dipilih menjadi role model?”. “Kalau sudah, bagus sekali.” Pelajari saja pola action dan strategi yang dia lakukan. Ambil yang bagus-bagus dan tinggalkan yang buruk. Setelah itu, semangatlah dalam langkah agar pencapaian role model itu pun berhasil kita capai. Untuk menjadi expert dalam satu bidang yang kamu sukai, kamu hanya perlu berlatih konsisten dalam waktu 8-10 tahun ke depan. Jika itu dilakukan, maka kemapanan yang kamu inginkan bisa jadi kenyataan.

.

Ohiyaa, satu hal lagi. Belajarlah untuk mengelola hasil yang didapat. Supaya investasi makin bertambah. Jujur saja, kakaknya ini pun belum ahli dalam hal mengelola hasil namun dia tak surut belajar dan belajar sambil mempraktekkan.

.

Sesungguhnya menasihati adikku tadi malam membuatku berkaca diri. Semoga aku pun bisa melakukan seperti kata2ku kepadanya. Tidur malamku pun jadi agak larut, aku merenung mengamati pikiran yang sibuk berkata-kata. —
Mencoba mendalami makna kata ‘Merdeka yang Bertanggungjawab’

 

Mykonos 2017

#Justmy2cents