Menjawab Tantangan Endomondo Untuk Lari 1000 KM di 2016

Lari 1000 KM di tahun 2016.

Sanggupkah?

Itu tantangan yang masuk di emailku pagi ini.

Melihat Tracking Berlari 3 tahun terakhir

Selama 3 tahun berlari dan melakukan tracking menggunakan Aps Nike+ Running terlihat belum pernah mencapai 1000 KM. Paling tinggi baru sekitar 584 KM per tahun. Nah setelah membuat track record seperti ini barulah aku berani memutuskan untuk ikut challengenya atau tidak. Memang dulu aku pernah mendownload Endomondo di Iphone tapi entah kenapa rasanya lebih suka dengan kesederhanaan aplikasi Nike+ makanya aku pun tidak menggunakan Aps Endomondo tersebut.

Catatan Latihan Lari Doris 2013-2016

Aku mulai lari di 2013. Mengumpulkan sedikit saja KM yang tercatat. Hanya sekitar 13 KM. Itu pun dalam 3 kali latihan. Masih malas-malasan dan belum sadar akan pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuhku. Entah apa alasannya kok belum rutin olahraga, yang jelas aku masih sibuk fokus pada kerja-kerja dan bekerja sepanjang hari. Alhamdulillah tidak ada hal yang berat dan kondisi tubuh juga tetap fit :-)

Nah suatu waktu saya melihat mba Nahria Medina yang rutin lari dan sering upload aktivitas larinya bareng komunitas IndoRunners. Jadilah saya inbox dan mulai nanya-nanya. Tapi tetep dong gak berani action apalagi daftar ikutan race. Hahaha..

Di tahun 2014 tetep jadi pengamat. Rajin banget mengamati teman-teman yang rutin lari dan mengikuti lomba lari marathon yang marak diadakan sepanjang tahun. Banyak sekali lomba, tapi lagi-lagi aku hanya mengamati dan mengagumi pelari-pelari hebat itu. Tapi belum serius juga, terlihat dari catatanku ini ada 9 bulan aku stop tidak berlari sama sekali. Duh Tuhan, malasnya sayaa ^_^

Sampe akhirnya 2015 diputuskan untuk daftar lomba lari. Niatnya supaya latihan setiap bulannya bisa rutin. Karena saya tidak mau masuk race tanpa persiapan, ngeri cedera. Mulai menjajal dengan mengikuti lomba 5K pertama kalinya di bulan Maret 2015 dan alhamdulillah Finish strong xixixi gaya euy 46.56 menit. Lumayan lebih kenceng daripada waktu-waktu latihan.

Lomba Lari Marathon Pocari Sweat 2015

Lomba Lari Marathon Pocari Sweat 2015 Bersama mba Nahria aka Yaya <3

Optimis bisa menjaga semangat buat latihan lari, akhirnya mendaftar lagi ikutan lomba Nutrilite Health Run 5K, waktunya lebih cakep lagi jadi 44.29 menit. Yeay, ada peningkatan 2 menitan lebih cepat. Yihaaa…cakep deh, makin semangat latihannya. Trus, aku ikutan lari charity 3 KM bareng mba Yaya, gak ada target menit karena niatnya untuk berbagi. Asalkan sampe di garis finish maka kami berdua sudah turut menyumbang.

Lomba Lari Marathon Nutrilite Health Run 2015

Terakhir sebelum tutup tahun, di bulan Okt, saya beranikan diri untuk ikutan Jakmar 2015 dengan race 10K. Race pertama 10 K yang saya coba ikuti. Deg-degan takut gak sampe garis finish. Pingin dapet medali finisher soalnya ^_^ dan saya sampai ke garis finish dengan waktu 1 jam 34 menit. Jauh lebih capet daripada jam latihan. Seneng banget deh rasanya. Percaya diri meningkat. Saya bisa finish 10K.

Ikutan Lomba Lari Marahon Jakmar 2015

Ikutan Lomba Lari Marahon Jakmar 2015

Lomba Lari Jakmar 2015

Lomba Lari Jakmar 2015

 

Persiapan Menjawab Tantangan 1000 KM di 2016

Setelah berhitung dan melihat tracking di tabel excel tadi aku jadi yakin dan sedikit berani untuk ikutan menjawab tantangan tersebut. Rasanya bisa kok asalkan benar-benar disiapkan target latihan per bulannya jadi berapa KM. Belajar dari tahun sebelumnya selama bulan puasa aku sama sekali berhenti lari. Maka untuk persiapan ini aku akan membagi 1000 KM dalam waktu pengerjaan 11 bulan saja. Maka setiap bulan aku harus menuntaskan latihan minimal 91 KM. Tidak boleh kurang. Boleh lebih :)

Agar rutin maka ditargetkan minimal 4x latihan dalam seminggu. Dimana setiap kali latihan harus memenuhi sekitar 5.7 KM. Karena tempatku latihan adalah sebuah taman dengan panjang 840 meter maka biasanya aku menghitung targetku dengan menghitung jumlah putarannya. Untuk mencapai 5.7 KM maka aku harus berputar sebanyak 7x setiap kali berlatih. Ketika dibayangkan dikepalaku saat ini rasanya hal itu bisa dicapai. Karena dalam latihan pun seringnya berkisar diantara 6-7 putaran. Hanya saja untuk challenge ini, jumlah latihan harus sesuai tidak boleh kurang. Agar target 91 KM per bulannya tercapai.

 

Persiapan Latihan Lari di 2016

Persiapan Latihan Lari di 2016

 

Rencana sudah dibuat. Tinggal istikomah atau konsisten tidak menjalankannya. Paling tidak aku pasti akan belajar banyak di tahun ini agar stamina lebih terjaga dan juga mencari tahu bagaimana supaya badan menjadi lebih ringan ketika berlari. Belajar dengan melakukan. Tidak hanya sekedar teori tapi juga menerjuninya langsung agar proses pembelajaran melekat ke dalam diri. Agar terbangun habit untuk rajin berolahraga karena menjaga tubuh adalah salah satu pilihanku saat ini selain mengejar target-target lainnya.

Harapan kecilku di awal tahun 2016 ini, semua rencana indah diatas bisa diwujudkan. Tercipta habit yang baik di dalam keluarga. Semoga anak-anak juga bisa melihat dan mengambil hikmah dari semangat ibunya menjawab tantangan lari ini. Dibalik tantangan ini ada: habit berolahraga yang dibangun, menikmati proses menjalani sebuah target dalam waktu 1 tahun dan tentu saja efek yang tidak ternilai harganya adalah penilaian baru terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh yang seharusnya menjadi tanggung jawab sepenuhnya sang pemilik tubuh. Yaitu, aku :)

So, I’m ready to join the challenge to run 1000 KM in 2016!

What about you?