Pensiun Merdeka Perlu direncanakan

Belajar mandiri bisa dilakukan kapan saja.

Saya selalu tertarik untuk menambah ilmu financial literacy, financial freedom dan segala hal yang terkait dengan bisnis, property dan membangun penghasilan pasif untuk masa depan. Salah satu akun IG yang saya ikuti adalah Ligwina Hananto.

Bukan kebetulan kalau tadi malam saya ikut menunggu siaran FinClinic di radio streaming 98.2 FM. Ya karena itulah ilmu yang sengaja saya cari, maka menyediakan waktu 1 jam untuk belajar tentang “Pensiun Merdeka” jadi suatu keharusan. Sebelum jam 8 malam, saya sudah siap online mengikuti streaming radio tsb.

Menarik sekali,dari 2 narasumber yang berbeda latar belakang saya mencatat hal-hal baru yang coba saya bagikan dipostingan pagi ini.

Hari akhir yang indah dimulai dari persiapan yang dikerjakan di hari ini. Dari mengamati keadaan orang-orang terdekat kita menjalani masa pensiunnya, kita bisa belajar dan bersiap untuk masa pensiun kita sendiri kelak #AmatiSekitar

Bagaimana gambaran diri kita ketika pensiun?
Sudahkah pernah membayangkan atau paling tidak memikirkan seperti apa ketika masa itu tiba? Apakah kita akan menghabiskan hari dengan sibuk bekerja demi membayar biaya hidup atau menikmati hari dengan sibuk berkarya, liburan, dan merasa berdaya?

Ada 3 jenis aset aktif untuk mencetak uang:
1. Punya bisnis yang dipersiapkan bisa jalan tanpa ditunggui oleh pemiliknya.
2. Punya properti aktif yang memberikan pemasukan rutin
3. Punya surat berharga yang memang nilainya bertambah dari tahun ke tahun

Ketika usia produktif, alangkah baiknya jika mulai memikirkan tentang rencana pensiun. Karena masa pensiun pasti tiba. Tidak terhindarkan. Mungkin diusia 55 atau 60 tahun.

Pegawai kantoran yang berpikir membangun bisnis di usia 50 tahun akan menemui resiko yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memulainya lebih awal. Apalagi tidak ada kepastian dalam bisnis. Diperlukan mental dan daya tahan yang lebih untuk membangun bisnis menjadi kuat dan terus mendatangkan penghasilan. Makanya alangkah baiknya jika dimulai sejak dini. Bahkan diusia 20-25 tahun sudah harus mulai membahas rencana pensiun, yang rencana tersebut bisa dibangun dengan menyiapkan 3 aset aktif di atas agar pensiun bisa enjoying life. Hidup diisi dengan bekerja karena memang ingin berkarya dan bermanfaat bukannya dengan perasaan terpaksa karena harus memenuhi kebutuhan hidup.

Nah, jadinya berasa kayak lonceng yang dinyalakan di telinga deh, sewaktu mengikuti FinClinic tadi malam. Jadi kebangun dan sadar, bahwa masa pensiun memang harus disiapkan jauh-2 hari. Dengan rutin dan konsisten Menyisihkan penghasilan yang ada sekarang, kita bisa membangun 3 aset aktif yang akan menjadi sumber penghasilan ketika usia pensiun tiba.

#PensiunMerdeka
#MembangunBisnisSejakMuda
#mentalpebisnis
#PensiunEnjoyingLife