Proses Belajar Di Rumah

Aliyah, cek jadwalnya yuk hari ini kita mesti ngapain aja? Ajak saya barusan ini.

Si anak kecil itu pun langsung berlari ke satu dinding di kamarnya dan membaca jadwal hari ini. Ada kegiatan yang sudah dilakukan dan yang belum juga masih beberapa lagi.

Seperti kegiatan membereskan kamarnya sendiri dan membantu ibu mencuci piring sudah selesai dikerjakan. Selanjutnya dia mesti membaca buku online dan mengaji. Seperti biasanya, kegiatan mengaji dilakukan bersama ibu setelah sholat magrib. Meskipun sering berdalih untuk mengaji, saya agak memaksa supaya dia rutin sesuai jadwalnya. Hasilnya alhamdulillah, selembar demi selembar berhasil kami lewati bersama. Sekarang sudah berada di juz 4.

Ohiya, bulan depan modul matematika online yang sudah dibayar untuk 1 tahun akan berakhir. Terlihat sekali progressnya lambat. Modul 2nd grade nya masih banyak yang belum dikerjakan. Haduh haduuuh pijit kepala emaknya deh, mesti ngebut nih menarik narik Aliyah untuk mengerjakan matematika onlinenya.

Sedangkan untuk pelajaran bahasa Inggrisnya di Raz-kids, hasilnya cukup lumayan. Aliyah agak rajin membaca buku buku disana, sehingga saat ini sudah sampai di level D.

Aliyah Belajar Matematika Online

 

Belajar Matematika Online

 

 

Ini jadwal belajar Aliyah. Dia membuatnya sendiri. Sesukanya  diaturnya. Ibu membebaskan saja. Asalkan ada panduan untuk mengingatkannya belajar hal hal penting. Di luar tugas hariannya di jadwal, Aliyah harus menjaga sholat 5 waktunya setiap hari, terkadang menemani ibu berbelanja ke pasar atau meminta berenang dan bermain ke taman kala bosan melanda.

 

Jadual Belajar Harian Aliyah

 

Tak terasa, 2 bulan lagi tepat setahun kami menjalankan kegiatan homeschooling. Binar binar bahagia jelas nampak di wajah anak anakku. Benar, mereka sangat berbahagia, lepas dan tanpa beban yang terasa berat seperti dulu sebelumnya ketika sedang belajar di sekolah formal. Saatnya kami evaluasi nanti di bulan Agustus sekaligus merangkum semua kegiatan setahun ke belakang. Banyak sekali cerita manisnya juga tantangan yang harus dilalui bersama. Permasalahan keluarga seperti mahalnya biaya internet, tingginya biaya kursus privat dan juga kebiasaan berbelanja masakan jadi menjadi hal yang dipikirkan bersama. Ya paling tidak, berbagi masalah sedikit demi sedikit ke anak anak. Mereka paham kok kalau kita bicaranya pelan pelan dan terbuka apa adanya.

 

Proses belajar di rumah ternyata bukan hanya untuk anak anak melainkan juga untuk kami kedua orang tuanya yang 100% terlibat di dalamnya. Belajar dan terus belajar agar setiap hari bisa dinikmati dengan penuh kesyukuran dan tentu saja kemerdekaan, karena hal ini adalah murni pilihan kami bersama sama. Homeschooling terkait erat dengan parenting dan kemauan untuk tumbuh bersama sama.