Selagi Muda Hobi Mencicil dan Menabung

Sebagai perempuan yang biasanya pintar investasi dan berpikir jauh ke depan, ke masa-masa ketika masa produktif sudah lewat, seharusnya memang mengenal dengan baik tentang portofolio investasi. Ceileh, ini bukan gaya-gayaan doang loh, ini bagian dari usaha “mempersiapkan” dengan baik masa tua yang tentu saja pasti akan datang menghampiri. Sekarang, saya baru 36 tahun. Alhamdulillah, masih muda, sehat dan kuat. Oleh karena itu pula, saya tidak mau menyiakan waktu menunda persiapan saya menyambut masa pensiun nanti.

 

Tulisan-tulisan saya dibawah ini sepenggal-sepenggal, karena sebenernya ini adalah rentetan status yang saya tuliskan tadi siang di FB Page saya. Karena sayang hilang begitu saja, maka saya ikatkan saja status-status tersebut di blog pribadi ini, sebagai pengingat untuk saya. Silakan dinikmati yaa…

 

Hobi nyicil, tapi gak sembarangan nyicil dan asal2an. Barang yang dicicil pastilah barang yang bernilai investasi dan dicicil karena saya ga cukup uangnya untuk bayar cash.

Rumah, dicicil :-)

Mobil untuk antar jemput sekolah anak2, dicicil :-)

Dulu, sepeda motor juga nyicil. Kamera canggih juga cicil, yaa saya anggap saja sebagai modal kerja untuk bisnis.

 

Nyicil Livina dari Bonus Oriflame Doris Aminah Nasution

2010, pake slip bonus oriflame, ganti karimun jadi livina :-)

Sebenernya dengan mencicil saya sedang belajar disiplin untuk menabung. Kalau gak gitu, uangnya habis untuk jajan2 gitu deeeh he…he…

Adakah yg hobi mencicil juga seperti saya? Hobi arisan ? Saya jugaa, ikut arisan tujuannya buat nabung aja sehingga biaya hidup bisa ditekan setiap bulan dengan uang yang masih sisa di rekening he..he…eh tapi biasanya tabungan arisan saya bakalan kepake untuk liburan keluarga. Jadi sebenernya ga nabung juga siy xixixi Bulan depan, saya mau ajak keluarga liburan ke singapura. Uang arisan bakalan kepake lagi pastinya :-) Nasib uang arisankuuu… ¬† Eh emangnya ga capek ya bayar cicilan terus-menerus? Emm capek sih kalau gak ada sistem yang bayarinnya¬† Tapi kalau ada sistemnya, ada sumber untuk bayarnya, insya Allah ga papa, senyum aja jalaninnya. Lagipula, mumpung masih muda dan sanggup kerja keras dan cerdas, jadi harus maksain sampai pol-polan. Ntar ada saatnya gak bisa kerja keras lagi karena usia dll, nah disaat itu nanti saya cuma mau menikmati masa istirahat karena hasil kerja keras diwaktu muda. Betul begitu kan?

 

Rajin mencicil atau mencari cicilan yang mengerikan sebenernya untuk saya adalah satu cara yang memotivasi. Karena itu, saya gak bisa santai dan berpuas diri hanya sampe di level yang sekarang.

 

Alangkah nikmatnya jika di masa tua nanti pun tetap tenang, santai dan menikmati kehidupan seperti di masa muda, ketika masa sedang jaya2nya. Mempersiapkan diri untuk masa tua agar tidak merana dan menyusahkan kedua anak saya nanti. Persiapan menyambut masa tua dilakukan ketika saat masih muda, sehat. Ya seperti di masa saat ini laah. Jadi jangan sampai terlanjur gak bikin persiapan sama sekali yaa.

 

Saya pernah membaca tentang keuangan itu bukan berapa banyaknya, tapi bagaimana cara mengelolanya yang benar dan sesuai dengan tujuan pribadi masing2. Saya mah belum pernah ikut kursus financial, cuma hobi baca buku doang dan dari sana saya pun menarik kesimpulan: sangat penting untuk memiliki aset, apalagi aset produktif yang bisa menghasilkan uang setiap bulan/tahun. Belajar pelan2, mengupgrade mimpi agar bisa punya property yang produktif. Pokoknya on going process, belajar investasi sambil pelan2 mempraktekkan.

 

Sekian dulu sharing singkat tentang hobi mencicil dan menabung ala saya hehehe. Kalau mama saya paling ga suka nyicil, jadi sering banget saya ditanyain cicilan kamu yang ini sekian tahun lagi lunas kan ? Kaya’nya beliau gerah kalau saya kebanyakan cicilan he…he… Biasanya saya tenangkan mama bahwa cicilannya sudah ada sumber untuk bayarnya kok ma, doain ya anak mama naik lagi penghasilannya. Teteuup minta support agar dimudahkan proses membuat jaringan yang kuat dan tumbuh dari tahun ke tahun.

 

Tahun depan nyicil apa lagi yaah ^_^