Semakin Dekat Sejak Homeschooling

Screen Shot 2017-02-28 at 10.24.16 AM

 

 

Aliyah yang sangat suka mewarnai, menggambar, membuat karya seni. Dia juga sangat pandai dalam mendekorasi kamar, merapikannya seperti kamar hotel. hari-harinya diisi dengan imaginasi dan torehan warna. Internet telah membuatnya memiliki kemampuan visual yang sangat kaya. Dari melihat ia terdorong untuk berkarya.

 

Saya sering mengingatkan untuk “menghasilkan sesuatu” bukan hanya sekedar “menikmati” saja.

 

Sejak keputusan belajar di rumah, saya memiliki kesempatan untuk Mendidiknya setiap hari melalui jadwal yang dibuatnya sendiri. Saya bisa Mendampinginya sangat dekat utk mengenali potensi dirinya. Saya pun bisa mengenal lebih dekat lagi kedua anak-anak sejak mereka seharian bersama saya di rumah.

 

Tantangan pasti ada. Seperti tidak mau patuh mengerjakan sesuai jadwal. Malas mandi pagi, bangunnya siang dan tidur larut sekali. Tapi saya menikmati perkembangan hubungan kami. Kedekatan, kebersamaan, saling bekerja sama setiap hari membuat saya bertambah bahagia.

 

Dengan itu saya mampu melewati hari demi hari dengan penuh rasa syukur. Setiap hari, di pagi hari, saya selalu mengecek ada kegiatan apa di jadwal Aliyah.

 

Belajar matematika dan membaca buku baik dari online maupun buku fisik terus saya usahakan.

 

Sering kali dia berdalih, apalagi kalau sudah saya suruh belajar mat. Tapi Meskipun hanya 10 menit tetap harus mencoba belajar. Saya percaya Aliyah mampu. Saya berniat fokus lebih banyak pada potensi unggulnya.

 

Di foto ini kami sedang belajar perkalian.
Menghapalkan sambil tertawa geli karena Aliyah sering kali lupa.

unnamed-3

 

Di lain waktu, ia meminta saya menemaninya sholat. Karena ia sering lupa surat pendek dan doa i’tidal. Dan ia mau saya menuntun bacaannya. Sungguh, saya berbahagia mendampingi anak-anak di rumah.

 

Screen Shot 2017-02-28 at 10.26.29 AM

 

#homeschooling_journey
Aliyah – 8yo