Sepuluh Ribu Jam Adalah Angka Ajaib Untuk Mencapai Kesuksesan

Ada apa dengan formula 10.000 jam ? Saya mengenal formula ini melalui buku Outliers yang ditulis oleh Malcolm Gladwell. Adalah founder TDA yang merekomendasikan buku ini, pak Roni Yuzirman. Saya pun langsung membeli dan melahapnya. Kemudian saya paham bahwa untuk menuju level sukses, bakat bukan hanya satu-satunya faktor penentu. Diperlukan bakat dan latihan beribu-ribu jam di bidang yang dipilihlah yang akan mengantarkan diri menuju puncak kesuksesan. Apapun profesinya. Belum pernah ditemukan dalam penelitian terhadap orang-orang yang sukses dengan waktu latihan yang lebih sedikit dari 10.000 jam.

Rahasia dibalik sukses-berlatih 10000 jam

 

Berapa lamakah 10.000 jam itu?

 

Tentu saja tergantung dengan komitmen harian yang diberikan.

Seandainya saja seorang pianis ingin menjadi pianis dengan keahlian kelas dunia dan secara sadar menentukan komitmen latihan hariannya seperti gambaran berikut ini, maka kita bisa memprediksikan kapan pianis tersebut akan mencapai puncak kesuksesannya.

Sebut saja Pianis A yang berusia 9 tahun. A ingin mengerjakan 10.000 jamnya dengan tekun seperti yang direncanakannya.

Usia 9 thn – A berlatih selama 30 menit setiap hari. Dalam waktu setahun terkumpul 360 hari x 45 menit = 270 jam. Kemudian di tahun berikutnya A meningkatkan 15 menit setiap harinya, maka A akan mengumpulkan  360 jam di usia ke-11 terkumpul 450 jam dan seterusnya di akhir tahun ke-10 akan terkumpul lebih dari 10.000 jam seperti gambaran berikut ini. Maka diusia 19 tahun si Pianis A akan menyelesaikan latihan 10000 jamnya dan sudah meraih sukses. Pianis A bisa mencapai suksesnya lebih cepat jika ia berkomitmen menambah jumlah latihannya setiap hari. Tabel ini hanya sekedar gambaran yang bisa menunjukkan proses berlatih seseorang untuk mencapai puncaknya, karena kesuksesan tidak akan bisa diraih dalam waktu singkat, diperlukan banyak waktu latihan yang dilakukan untuk menjadi hebat.

 

10000 Jam untuk mencapai kesuksesan

10000 Jam untuk mencapai kesuksesan

 

Berlatih setiap hari akan sangat membosankan. Jika tidak didorong dari motivasi diri yang begitu kuat dan dukungan keluarga tersayang, rasanya akan sangat mudah melupakan cita-cita meraih sukses di satu bidang yang diminati. Bakat memang membantu tapi ketekunan untuk berlatih setiap hari sesuai dengan komitmenlah yang akan mengantarkan kita menuju kesuksesan.

 

Apakah formula ini sudah terbukti?

Begitulah kenyataannya.

Dalam bisnis yang sedang saya tekuni saat ini, saya pun menemukan benang merahnya. Mereka yang rajin berlatih dalam artian mengerjakan kewajiban bisnisnya setiap hari secara konsisten adalah mereka yang berhasil meraih level tertentu yang bisa disebut sebagai level kesuksesan pertama di Success Plan Oriflame.

Sebut saja level Diamond Director di Success Plan Oriflame adalah sebuah level yang akan memberikan bonus sekitar 30 jutaan setiap bulannya. Kemudian sebuah mobil honda new CRV seharga 400 jutaan akan diberikan Oriflame untuk anda, belum lagi perjalanan gratis 2 x dalam setahun untuk anda dan pasangan sudah pasti akan anda rasakan setiap tahunnya.

Untuk mencapai level tersebut prosesnya tentu saja kembali kepada masing-masing orang. Jika anda menentukan ingin mencapainya dalam waktu 3 tahun maka bersiaplah dengan komitmen berlatih setiap hari minimal selama 8 jam. Jika mau lebih cepat maka waktu yang terlibat akan menjadi lebih banyak lagi. Stamina, ketekunan dan tujuan yang jelas akan sangat membantu untuk melewati rasa bosan dan lelah ketika anda berlatih. Ingat saja, kesuksesan akan diraih jika anda sudah menyelesaikan latihan 10.000 jam yang sangat panjang tapi sangat layak diperjuangkan agar masa depan anda berbeda.